Jenis Jenis Asuransi - Produk Asuransi Jiwa

asuransi jiwa
Jenis-jenis Asuransi terbaru atau macam-macam produk asuransi jiwa yang tengah beredar saat ini di masyarakat Indonesia. Sebelumnya anda harus tahu dulu apa sih asuransi itu? Silakan baca pengertian asuransi.

Berbagai jenis asuransi di masyarakat mulai berkembang, dalam manajemen risiko, asuransi memungkinkan berbagi dan mentransfer resiko, inilah cara terbaik untuk mengganti kerugian. Kebanyakan orang, tidak mengerti perbedaan mendasar pada jenis asuransi, padahal untuk menentukan program asuransi yang paling cocok dengan kebutuhan, kita harus mengenal lebih jauh jenis-jenis asuransi tersebut.

Produk Asuransi Jiwa adalah janji yang tertulis di dalam polis asuransi, yang dibuat oleh penanggung kepada tertanggung, untuk memberikan kompensasi keuangan apabila sesuatu terjadi kepada tertanggung.

Asuransi jiwa terdiri atas beberapa produk. Masing-masing jenis produk memiliki manfaat yang berbeda-beda guna melayani berbagai macam kebutuhan dan kemampuan nasabah.

Berikut jenis-jenis asuransi menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) dalam laman resminya:

1. Asuransi jiwa berjangka (Term)
Ciri khas ini terletak pada proteksi maksimum dengan preminya yang relatif rendah. Sebab itu, jenis produk ini menarik bagi calon tertanggung yang mempunyai kebutuhan asuransi besar, namun daya belinya terbatas.

Siapa yang cocok dengan polis ini?
  • Calon pemegang polis yang ingin memproteksi masa depan anaknya.
  • Calon pemegang polis yang baru meniti karier.

2. Asuransi jiwa seumur hidup (Whole life)
Ciri khas asuransi ini adalah jenis dasar asuransi jiwa permanen yang memberi proteksi asuransi seumur hidup.

Siapa yang cocok dengan produk ini?
  • Calon pemegang polis yang ingin memiliki proteksi jiwa sekaligus menghasilkan dana tabungan yang dapat dipakai untuk kebutuhan darurat.
  • Calon pemegang polis yang membutuhkan proteksi penghasilan permanen (biaya tagihan rumah sakit).
  • Calon pemegang polis yang ingin mendapat sejumlah pertumbuhan modal investasi.

3. Asuransi jiwa dwiguna (Endowment)
Ciri khas asuransi ini adalah proteksi yang memberikan jumlah uang pertanggungan saat tertanggung meninggal dalam periode tertentu, dan sekaligus memberikan seluruh uang pertanggungan jika ia masih hidup pada masa akhir pertanggungan.

Karena memberikan dua manfaat, asuransi ini disebut dwiguna atau unit link. Produk ini berguna bagi calon pemegang polis yang ingin terlindung dari dampak keuangan karena kematian dini.

Siapa yang cocok dengan produk ini?
  • Calon pemegang polis yang memerlukan dana bagi pendidikan anak.
  • Calon pemegang polis yang ingin memiliki sejumlah dana untuk kebutuhan di masa depan.
  • Calon pemegang polis yang ingin memiliki dana pensiun.

Asuransi Endowment ini terbagi dalam 2 jenis, yaitu :

a). Asuransi Jiwa Unit Link Single (Premi Tunggal)

Ciri khas Asuransi Jiwa Unit Link Single (Premi Tunggal) adalah premi yang dibayarkan secara sekaligus atau lump sum. Biasanya premi tunggal diinginkan oleh calon pemegang polis yang ingin berinvestasi jangka panjang. Siapa yang cocok dengan produk ini?
  • Calon pemegang polis yang suka berinvestasi jangka panjang
  • Calon pemegang polis yang memiliki kelebihan uang (idle money) dan bermaksud meningkatkan kekayaannya.

b). Asuransi Jiwa Unit Link Regular (Premi Berkala)

Ciri khas Asuransi Jiwa Unit Link Regular (Premi Berkala) adalah juga merupakan investasi jangka panjang, di mana di dalam polis diatur cara pembayarannya, yaitu dilakukan secara berkala atau regular. Unit dibeli begitu premi diterima.

Siapa yang cocok dengan produk ini:
  • Calon pemegang polis yang lebih memilih untuk bermain di proteksi
  • Calon pemegang polis yang suka bermain di investasi tetapi tetap ingin diproteksi
  • Calon pemegang polis yang masih bekerja dan ingin menyiapkan tabungan.

Itulah ringkasan informasi mengenai jenis-jenis asuransi atau macam-macam produk asuransi jiwa. Semoga anda memilih produk asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial anda.

O ya bagi yang sedang berencana liburan ke Pulau Dewata atau ke Pulau Lombok, lihat-lihat dulu daftar objek wisata di Bali dan tempat objek wisata di Lombok. Semoga bermanfaat!

banner 468x60
Sebarkan