Penyebab Gampang Masuk Angin dan Cara Alami Mengatasinya

Penyebab Masuk Angin dan Cara Alami Mengatasinya. Apa penyebab kita gampang masuk angin? Atau faktor-faktor apa saja sih sehingga tubuh kita mudah terserang masuk angin duduk? Berikut kami akan menguraikan beberapa kebiasaan penyebab masuk angin serta cara mengobati / mengatasinya secara alami.

Gejala masuk angin seperti perut kembung, mual dan muntah, meriang / demam, sakit kepala, sering mengantuk, berkeringat dingin dan bersin-bersin sering disepelekan. Padahal, kondisi ini bisa memburuk dan mengundang datangnya penyakit. Yang kurang disadari, gaya hidup kita selama ini kerap memicu terjadinya masuk angin. Ubahlah agar tubuh lebih sehat dan lebih giat beraktivitas.

Penyebab Masuk Angin
Biasanya faktor penyebab masuk angin adalah kurang tidur, sering terlambat makan, dan udara dingin yang berlebihan. Contohnya adalah terlalu lama di ruangan AC, bermain hujan-hujanan, cuaca yang dingin, dan lainnya.

Penyebab lainnya adalah terlalu banyak tertawa, salah makan, kurang kentut, atau karena terlalu lelah.

Masuk angin sebenarnya merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat gabungan kelelahan fisik, terlambat makan, dan stres pikiran. Karena gabungan ketiga hal itu, terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambung dan usus. Kemudian timbul perasaan penuh di usus lalu mulas, diikuti mual dan muntah. Kalau sudah begini, inilah yang disebut masuk angin.

Sebenarnya penyebabnya bukan cuaca dingin, bukannya anginlah yang memicu terjadinya masuk angin. Cuaca dingin yang menyergap tubuh menimbulkan mekanisme vasoconstriction atau penyempitan pembuluh darah. Sebenarnya penyempitan pembuluh darah ini merupakan mekanisme tubuh untuk menjaga agar tidak terjadi pengeluaran kalori berlebihan dari tubuh, sehingga tubuh tidak perlu mengalami penurunan suhu atau hipotermia. Namun, dampak kurang menyenangkan dari penyempitan pembuluh ini adalah peredaran darah menjadi kurang lancar. Akibatnya, hasil metabolisme, berupa asam laktat, terakumulasi pada otot-otot. Inilah yang membuat badan jadi terasa pegal-pegal.

Cuaca dingin dapat menyebabkan rambut-rambut sel di saluran napas lambat bergerak. Padahal, mereka berfungsi untuk mengeluarkan lendir, bakteri, dan virus. Perlambatan ini juga menyebabkan seseorang menjadi rentan terkena infeksi seperti batuk, pilek, dan lain-lain.

Perihal perut kembung terisi gas, bisa terjadi akibat cuaca dingin yang menyebabkan perlambatan gerak peristaltik usus. Perlambatan inilah yang menyebabkan gas tertampung di saluran cerna, sehingga perut terasa kembung dan penuh (begah). Dan akhirnya perut akan tertekan oleh gas dan menyebabkan rasa mual sehingga menekan nafsu makan.

Nah itulah beberapa faktor penyebab masuk angin atau kebiasaan yang menyebabkan sehingga kita gampang masuk angin. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Silakan baca disini: Tips Ampuh Cara Alami Mengatasi Masuk Angin. Semoga bermanfaat! (ref. wikipedia)

banner 468x60
Sebarkan